Pembuatan Starter/MOL (Mikro Organisme Lokal) Oleh Petani

OBSERV16Sebagai petani organik, kompos merupakan pupuk yang sering diaplikasikan ke lahan, dan untuk membantu proses dekomposisi bahan-bahan organik menjadi kompos, diperlukan bahan-bahan dekomposer. Berbagai macam bahan-bahan dekomposer banyak beredar di pasar (seperti EM4).Petani yang ingin mandiri tidak ingin selalu bergantung dengan pihak lain, terutama pihak-pihak penyedia sarana produksi pertanian.

“Kalau kita bisa bikin EM4, kenapa kita harus beli? EM4 itu kan sama saja dengan MOL, dari baunya kan sudah sama,” ungkap Kariman, Lakbok.Dari sinilah ide mengkaji bagaimana membuat atau menghasilkan mikroorganisme lokal atau lebih sering dikenal dengan nama MOL.Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang ada di sekitar, petani-petani kreatif di Ciamis membuat MOL dari bahan-bahan seperti buah-buahan busuk (pisang, pepaya, mangga, dll), rebung, pucuk tanaman merambat, tulang ikan, keong, urine sapi, bahkan sampai urine manusia, darah hewan, bangkai hewan, air cucian beras, dan sisa makanan.

“Sekarang saya kalau kencing selalu ditampung, urinenya buat disiram ke sawah, hasilnya padinya jadi bagus,” ujar Cicih, petani anggota KSP Alam Sejati, Panumbangan.Hal serupa juga diungkapkan oleh H. Eha, Aam Amalia, anggota KSP Alam Sejati yang lain.“Cara membuat MOL itu mudah, semua yang ada di sekitar kita bisa dipakai, semua bahan dicampur dengan yang manis-manis seperti air nira, air gula, air kelapa juga bisa.Lalu ditutup dengan kertas, dibiarkan sampai 7 hari. Setelah itu dipakai untuk nyemprot ke sawah”, jelas Sutar, KSP Bumi Sejati, Banjarsari yang disebut sebagai “profesor” oleh teman-temannya, karena keahliannya meramu berbagai bahan menjadi MOL, bahkan mengatakan bahwa MOL baik juga untuk diminum oleh manusia.

About these ads

15 comments on “Pembuatan Starter/MOL (Mikro Organisme Lokal) Oleh Petani

  1. sebetulnya mudah ya..
    tolong saya beri tulisan tentang bagaimana caranya yang mudah dan lebih jelas lagi pembuatan MOL tersebut..
    sebelumnya makasih banget ya.

  2. Cara membuat MOL itu mudah, semua yang ada di sekitar kita bisa dipakai, semua bahan dicampur dengan yang manis-manis seperti air nira, air gula, air kelapa juga bisa. Lalu ditutup dengan kertas, dibiarkan sampai 7 hari. Setelah itu dipakai untuk nyemprot ke sawah”, jelas Sutar, KSP Bumi Sejati, Banjarsari yang disebut sebagai “profesor” oleh teman-temannya, karena keahliannya meramu berbagai bahan menjadi MOL, bahkan mengatakan bahwa MOL baik juga untuk diminum oleh manusia.

  3. back to nature..
    sy mhswa unpad yg sdng mempelajari bakteri yg ada d mol, dimana sy bisa mendapatkan referensi, dan petani daerah manasaja yg sudah memakai mol ini, kemudian bahan utama yang banyak digunakan oleh petani apa saja!

    mohon infonya, dan terimakasih banyak ya..

  4. MOL atau yang disebut dengan Mikro Organisme Lokal sangat mudah dalam proses pembuatan dan ternyata sangat berguna dalam bidang pertanian.
    Seharusnya para petani mencoba bagaimana membuat MOL.
    Disamping sangat mudah, ternyata MOL juga bisa sebagai pupuk alternatif.

  5. untuk referensi kayankanya masih susuah tapi kalo mo liat langsung di petani organic sudah banyak orang (organic farmer)yang memakainya, seperti di Ciamis, indramayu n lampung…..
    lebih jelasnya mumu bisa email ke wiwikhpt37@yahoo.com,

    thanks

  6. Saya sedang belajar menanam tanaman hias, kebetulan di Majalah NOVA edisi minggu ketiga bulan Agustus juga mengangkat tema tentang MOL di salah satu rubriknya, hanya saja disana tidak dijelaskan tentang beberapa hal, seperti apakah semua jenis MOL bisa dipakai untuk semua jenis tanaman ataukah ada aturan khusus….serta seberapa banyak komposisi atau dosis MOL yang dianjurkan untuk berbagai jenis tanaman hias, seperti Adenium atau Sansiviera…Mohon informasinya…terima kasih.

  7. saya mau mulai nyusun proposal penelitian lg..
    klo bisa keterangan masalah MOL tolong lebih diperjelas, seperti cara membuatnya, bahan dan keterangan tentang mikroorganisme atau jamur apa yang dihasil kan oleh MOL itu..?

    apakah sama dengan jamur tricoderma SP..?

    tolong y…

  8. saya ingin bagi informasi dan mencoba cara membuat MOL di daerah yang gersang apakah bisa? seperti di daerah yang curah hujannya tidak lama seperti di NTT yang hanya 4 bulan saja … Terimakasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s